Studi Kemiskinan di Negara Berkembang

Authors

  • Syakieb Sungkar STF Driyarkara

DOI:

https://doi.org/10.54154/dekonstruksi.v5i01.85

Keywords:

kemiskinan urban, garis kemiskinan, ketimpangan, hipotetis Kuznets, kredit mikro, pekerja anak, diskriminasi gender, Grameen Bank, bank desa.

Abstract

Penanggulangan kemiskinan di negara berkembang dilakukan dengan berbagai macam cara. Beberapa upaya dari negara diuraikan di sini, seperti memberikan solusi makro dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, pemberian kemudahan akses kredit perbankan, dan ada juga yang memberikan solusi secara mikro dengan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) yang disebut sebagai program pendapatan dasar universal, karena transfer tunai diberikan secara merata ke setiap orang. Diuraikan pula solusi Microfinance seperti yang dilakukan Grameen Bank. Demikian pula pengiriman uang dari buruh migran terhadap keluarganya di tanah air juga dapat mengentaskan kemiskinan. Ada banyak keberhasilan dan tentu saja banyak terdapat kelemahan pada program-program tersebut yang menjadi ruang untuk perbaikan dan peningkatan keberhasilan.

Downloads

Published

2021-12-26

How to Cite

Sungkar, S. . (2021). Studi Kemiskinan di Negara Berkembang. Dekonstruksi, 5(01), 179–202. https://doi.org/10.54154/dekonstruksi.v5i01.85