Estetika Nusantara dalam Ragam Hias Ornamen Logam Perhiasan

Authors

  • Dhyani Widiyanti Hendranto Universitas Katolik Sanata Dharma Yogyakarta

Keywords:

estetika Nusantara, ragam hias ornamen logam, kriya kontemporer

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian filosofis mengenai estetika Nusantara pada ragam ornamen logam perhiasan. Melalui motif-motif berupa ikan mas, bunga jeumpa, dan sedap malam, dapat diperoleh kesimpulan bahwa istilah “tradisi” tidak lagi identik dengan masa lalu, melainkan selalu direkonstruksi oleh penafsir. Citra yang ditimbulkan dari perhiasan logam tidak lebih dari konstruksi masyarakat. Untuk itu diciptakan karya perhiasan yang lebih egaliter dan terbuka aksesnya. Sehingga batas-batas antara Barat – Timur, Urban – Pinggiran, tradisi – modern, serta fungsional – non-fungsional, tidak lagi penting dalam kriya kontemporer. Ornamen logam kontemporer memiliki ekspresi estetik yang khas dan menunjukkan suatu simbol tertentu, sebagai sebuah medium yang mengekspresikan identitas ke-Nusantara-an.

Downloads

Published

2021-10-01

How to Cite

Hendranto, D. W. . (2021). Estetika Nusantara dalam Ragam Hias Ornamen Logam Perhiasan. Dekonstruksi, 4(01), 142–149. Retrieved from http://jurnaldekonstruksi.id/index.php/dekonstruksi/article/view/68